InspektoratAudit Stok Vaksin Covid-19

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Inspektorat Daerah Kab. Gunung Mas melaksanakan Audit Tujuan Tertentu atas pelaksanaan Distribusi dan pengelolaan persediaan Vaksin Covid-19 pada beberapa Puskesmas di Kabupaten Gunung Mas, pelaksanaan berlangsung pada tanggal 9 s.d 20 September 2021.

Audit Stok Vaksin Covid-19

Pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 membutuhkan dana sangat besar, dan harus dilaksanakan dengan cepat untuk mencapai kekebalan komunitas dari penyakit COVID-19. Di samping itu ada beberapa tantangan yang harus dicermati, diantaranya akses dan kapasitas fasilitas kesehatan, proses pendataan dan validitas data, kapasitas distribusi dan penyimpanan, kesiapan anggaran dan fasilitas pendukung, serta resiko kecurangan. Untuk itu diperlukan perlu pengawasan ekstra dengan sinergi dan kolaborasi antar Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) baik di Kementerian, Lembaga maupun Daerah.

Ada beberapa hal yang harus dipastikan dalam pengawasan vaksin dan vaksinasi COVID-19. Di antaranya akurasi dan validasi data penerima agar ketepatan sasaran terjaga; prosedur vaksinasi; distribusi vaksin tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat jenis; jumlah dan jenis peralatan logistik sesuai kebutuhan; kapasitas dan kualitas penyimpanan vaksin memadai; serta dukungan anggaran pemerintah pusat/daerah cukup dan disediakan tepat waktu.

Audit Stok Vaksin Covid-19

Ruang lingkup audit serta TAO yang dapat terjadi dan harus mendapat perhatian dari auditor pada tiga level entitas pencatatan (EP) SMILE, yaitu di tingkat provinsi, kabupaten/kota dan tingkat fasyankes.

Sasaran audit atas stok vaksin yang meliputi penilaian terhadap ketepatan jumlah dan jenis vaksin, ketepatan sasaran, ketepatan waktu serta ketepatan administrasi, penilaian atas tata kelola distribusi serta persediaan vaksin dan penilaian kemungkinan adanya fraud. APIP menyampaikan format berita acara stock opname, pelaporan, dan kertas kerja audit yang digunakan dalam pelaksanaan audit yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi dengan peserta.

Audit Stok Vaksin Covid-19

APIP diharapkan mampu mendapatkan keyakinan yang memadai bahwa distribusi dan pengelolaan persediaan vaksin Covid-19 telah akuntabel termasuk memberikan rekomendasi apabila ditemukan permasalahan terkait distribusi dan pengelolaan persediaan vaksin.